Sabtu, 10 Desember 2011

Adu Banteng di Spanyol

Aha-ha-ha this is my first post. pertamanya sih rifka mau nge post ttg kehidupan pribadi, ya kaya curhat gitu deh, tp kalo dipikir-pikir lagi kayanya ga akan cukup dan orang-orang juga bakalan males baca. jadi ya rifka ngomongin tentang salah satu kegiatan yang rifka pengen banget liat yaitu... Adu Banteng.. *jengjengjeng

so here we go...
adu banteng atau corrida de toros adalah salah satu tradisi atau kebiasaan yang sering dilakukan orang-orang spanyol. jadi ada seorang matador atau sering disebut juga torero, yaitu ahli pedang atau seorang petarung yang menantang petarung atau hewan buas, melawan seekor banteng. biasanya adu banteng ini dilakukan pada bulan April di Sevilla, kota terbesar ke tiga di Spanyol. biasanya si matador atau torero itu mempermainkan dan akhirnya membunuh si banteng, Adu banteng adalah seni, way of life, kekejaman, mata pencaharian dan terkadang digunakan untuk bisnis.

menjadi seorang matador merupakan kehormatan bagi orang Spanyol, apalagi jika dapat menaklukan sang banteng. matador adalah bintang di lapangan adu banteng. seorang matador harus mempunya keterampilan, yaitu kecepatan kaki, tangan dan otak dalam mengambil keputusan karena nyawa dan kehormatan mereka taruhannya. matador yang baik yaitu yang dapat menghujamkan pedangnya pada banteng akan dianugrahi kuping banteng yang lalu dapat dilemparkan ke penonton. namun tidak jarang para matador kalah dan berujung pada kematian, walaupun tangis orang yang ditinggalkan mengiringi jasadnya, sang matador dapat melaksanakan tekadnya untunk bertarung. membunuh atau dibunuh banteng sesuai dengan la lidia, seni adu banteng.

intinya adu banteng adalah tradisi yang sangat indah. apalagi saat sang matador mempermainkan banteng dengan melambaikan kain merahnya. mungkin aneh juga sebagai seorang wanita rifka suka adu banteng, tapi ya kan namanya manusia, kalo kesukaan setiap orang sama pasti bakalan membosankan banget kan?

yaaah segitu dulu deh post pertamanya.. see ya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar